Pengklafikasian Spesies Endemik

Spesies Endemik

Keanekaragaman hayati sebagai variasi dari semua bentuk kehidupan yang menghuni planet kita, yang meliputi ekosistem darat dan laut, serta kompleks ekologi yang menjadi bagiannya.Untuk itu akan dibahas tentang jenis spesies yang sangat penting dalam keanekaragaman hayati suatu wilayah yaitu spesies endemik. Baca terus dan temukan definisi dan pengklafikasian spesies endemik .

Pengertian Spesies Endemik

Apa itu spesies endemik ? Apa saja fauna endemik ? Apa saja contoh yang ada? Ini dan banyak pertanyaan terkait lainnya adalah pertanyaan yang muncul di sekitar istilah ini ketika pertama kali didengar atau ketika perhatian khusus diberikan padanya. Selanjutnya, kita akan memberikan definisi spesies endemik dan menjawab pertanyaan lainnya.

Endemisme mengacu, di bidang Biologi, pada makhluk hidup yang berevolusi, berkembang, dan hidup sepanjang hidup mereka, secara alami, di tempat tertentu. Dengan demikian, spesies endemik adalah spesies yang berevolusi di suatu tempat dan secara terpisah dari spesies lain. Tempat-tempat ini dapat berupa wilayah atau negara di mana spesies tertentu berkembang secara eksklusif, tanpa ditemukan di wilayah lain di dunia. Endemisme terjadi di banyak wilayah di planet ini dan mempengaruhi semua jenis spesies, dari hewan hingga tumbuhan.

Spesies endemik sangat rentan terhadap fenomena kepunahan, karena populasinya kecil, mereka terbatas pada situs tertentu dan pertukaran genetik mereka sangat terbatas. Alasannya, rezim perlindungan khusus harus diberikan kepada spesies endemik .

Bagaimana spesies endemik diklasifikasikan

Berikut adalah klasifikasi dari berbagai jenis endemik yang ada:

  • Paleoendemisme: spesies yang, karena karakteristik morfologis, kimia atau genetiknya, akhirnya membentuk kelompok yang terisolasi.
  • Skizoendemisme: spesies yang muncul melalui proses isolasi bertahap dan hambatan reproduksi. Mereka adalah spesies dengan karakteristik kromosom dan morfologi yang sangat mirip.
  • Patroendemisme: spesies yang muncul sebagai akibat dari perbedaan jumlah kromosom.
  • Apoendemismo: spesies yang muncul dari yang lain sebagai akibat dari menempati ekstensi yang lebih kecil.
  • Kriptoendemisme: spesies yang belum dideskripsikan, tetapi merupakan penanda endemisme yang baik.

Mengapa pulau khusus untuk spesies endemik?

Meskipun endemisme terjadi di hampir semua wilayah di dunia, pulau-pulau adalah wilayah khusus untuk fenomena ini terjadi, di mana hal itu terjadi lebih sering daripada di wilayah benua.

Untuk memahami alasan mengapa hal ini terjadi, perlu dipahami bahwa banyak spesies “baru” muncul dari spesies lain ketika hambatan geografis, ekologis, reproduksi atau genetik dibuat di antara mereka (apa yang dikenal sebagai spesiasi) dan pulau-pulau yang mewakili lingkungan yang sangat menguntungkan. untuk penciptaan penghalang antara spesies dan, oleh karena itu, untuk fenomena endemisme.

Contohnya adalah kanguru di Australia atau lemur di Madagaskar. Australia dan Madagaskar adalah pulau-pulau besar yang penuh dengan spesies endemik, karena isolasi mereka merupakan faktor kunci dalam hal ini. Kepulauan Canary atau Balearic, juga kaya akan spesies endemik.

Perbedaan antara spesies endemik dan spesies asli

Sangat umum untuk membingungkan spesies yang endemik dengan yang asli atau asli, karena dalam kedua kasus kami berpikir bahwa itu mengacu pada area tertentu dan terdekat. Yang benar adalah bahwa mereka adalah dua hal yang berbeda dan, oleh karena itu, di sini kami menjelaskan apa perbedaan antara spesies endemik dan spesies asli atau asli .

Di satu sisi, seperti yang telah kami tunjukkan di seluruh artikel, spesies endemik adalah spesies yang kami temukan secara alami di satu ruang, jadi kami tidak akan melihatnya di wilayah lain di planet ini, bahkan jika mereka berada di dekatnya, secara alami. Ini terjadi di hampir semua bagian dunia, tetapi daerah yang paling umum adalah pulau dan semenanjung.

Di sisi lain, spesies asli atau asli adalah mereka yang dapat ditemukan di berbagai tempat di planet ini dan yang juga sangat umum di beberapa daerah, dapat dikatakan bahwa suatu spesies adalah khas suatu tempat tetapi tidak eksklusif. Dalam artikel EcologíaVerde lainnya ini kami menjelaskan lebih lanjut tentang apa itu spesies asli atau asli .

Jadi, perbedaan antara spesies endemik dan asli terletak pada kenyataan bahwa endemik, pada saat yang sama, spesies asli atau asli, tetapi ini tidak selalu harus spesies endemik. Spesies asli dapat berada di lebih dari satu wilayah, sehingga menempati wilayah yang lebih luas daripada spesies endemik yang memang memiliki wilayah yang terdefinisi dengan baik dan eksklusif.

Misalnya, lynx Iberia adalah spesies endemik karena hanya ditemukan di semenanjung ini, dan komodo adalah endemik beberapa pulau di Indonesia bagian tengah. Sebaliknya, beruang coklat adalah spesies asli atau asli bagian Eropa dan Amerika Utara, dan burung hering griffon adalah spesies asli bagian Eropa, serta Afrika utara dan Asia barat.

Melestarikan keanekaragaman hayati kita sangat penting, karena menjamin keseimbangan semua ekosistem dan kelangsungan hidup spesies yang berbeda, termasuk spesies manusia. Namun, spesies manusia yang sama ini merupakan ancaman terbesar bagi keanekaragaman hayati, yang ditimbulkan melalui deforestasi, kebakaran hutan, perubahan iklim atau perubahan ekosistem.

About the Author: Blog Kalpataru

Ikut peduli terhadap kawasan lingkungan hidup

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.