12 Pohon di Dunia yang Terancam Punah

Meskipun hutan dianggap sebagai paru-paru dunia, banyak spesies pohon yang membentuk hutan ini dan yang menyediakan jasa ekosistem yang berharga bagi masyarakat saat ini terancam punah. Karena kita tidak hanya khawatir tentang hewan yang terancam punah, tetapi juga tentang spesies tumbuhan.

12 Pohon di Dunia yang Terancam Punah

Pada kesempatan ini, akan dibahas 12 spesies pohon di dunia dalam bahaya kepunahan yang telah dievaluasi dan selanjutnya diklasifikasikan oleh Union Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN).

1. Pohon Cocobolo

cocoboloCocobolo, yang secara ilmiah dikenal sebagai Dalbergia retusa, adalah pohon Amerika Tengah yang didistribusikan dari Meksiko ke Panama. Hal ini ditandai dengan menjadi spesies berukuran sedang, dengan tinggi hingga 30 meter.

Kayu dari jenis tanaman ini memiliki kualitas yang unik: padat dan keras tetapi mudah dikerjakan, juga memiliki warna yang membuatnya istimewa. Fakta ini menyebabkan cocobolo dieksploitasi secara besar-besaran dan saat ini dianggap sangat terancam punah .

2. Chanul

ChanulPohon Amerika Latin lainnya dengan status konservasi rentan adalah chanul (Humiriastrum procerum), endemik Kolombia dan Ekuador. Chanul dapat mencapai ketinggian 30 meter dan khususnya, ia memiliki perbungaan, yaitu satu set bunga yang diatur pada sumbu yang sama.

Di tingkat global, jenis tumbuhan ini tergolong rentan terhadap kepunahan, hal ini terutama disebabkan oleh eksploitasi kayu yang berlebihan.

3. Pohon Cemara Spanyol

Cemara SpanyolCemara Spanyol (Abies pinsapo) adalah cemara endemik pegunungan Mediterania di selatan Semenanjung Iberia. Mengenai penampilannya, itu adalah pohon yang dapat mengukur panjang hingga 30 meter, mahkotanya berbentuk piramida dan, sebagai tanaman tanpa bunga, ia memiliki kerucut jantan kemerahan dan kerucut betina agak kuning.

Sayangnya, cemara Spanyol adalah salah satu pohon yang terancam punah di Spanyol. Alasan yang menyebabkan cemara Spanyol di ambang kepunahan adalah: kebakaran, penggundulan hutan, penyakit dan hama, kekeringan, antara lain.

4. Pinus Patagonian

Pinus PatagonianSpesies tumbuhan lain yang terancam punah adalah pinus Patagonian atau pehuén (Araucaria araucana) spesies endemik dari Patagonia di selatan Argentina dan Chili. Ini adalah pohon abadi, yaitu tidak kehilangan dedaunannya. Seperti spesies yang disebutkan di bagian sebelumnya, pehuén tidak memiliki bunga, melainkan kerucut jantan dan betina.

Saat ini, status konservasi pehuén berada dalam bahaya kepunahan, terutama karena kebakaran dan penggundulan hutan, meskipun penebangan spesimen ini dilarang di kedua negara. Penyebab Rusaknya Ekosistem Lingkungan Alam

5. Baobab dari Suarez

Baobab dari SuarezTahukah Anda bahwa ada 8 spesies baobab? Sekarang kamu tau!. Secara khusus, baobab Suárez (Adansonia suarezensis) yang memiliki distribusi sangat terbatas di utara pulau Madagaskar, berada dalam bahaya kepunahan karena perubahan habitatnya seperti kebakaran atau pembangunan perkotaan dan masalah dengan spesies dan penyakit eksotis.

Mengenai kualitasnya, itu adalah yang terkecil dari baobab, memiliki batang tebal dengan percabangan tinggi. Daunnya berwarna hijau-kuning dan dimakan oleh lemur.

6. Sequoia raksasa

Sequoia raksasaSequoia raksasa (Sequoiadendron giganteum) adalah pohon asli Amerika Serikat, lebih tepatnya dari Sierra Nevada di negara bagian California. Namanya benar-benar sesuai dengan penampilannya, spesimen telah direkam dengan panjang lebih dari 100 meter. Selain itu, diameternya bisa melebihi 10 meter dan, seolah-olah itu tidak cukup, mereka hidup selama ribuan tahun.

Sayangnya, status konservasinya terancam punah. Hal ini disebabkan oleh gangguan pada habitatnya seperti kebakaran dan masuknya spesies eksotik serta karena periode pertumbuhan yang lambat dan kondisi perkecambahan biji.

7. Pinus wollemi

Pinus wollemiDi New South Wales, Australia ditemukan spesies yang dianggap sebagai fosil hidup: pinus wollemi (Wollemia nobilis). Ini adalah tumbuhan runjung yang memiliki karakteristik nenek moyang tertua. Faktanya, fosil genus Wollemia berusia dua juta tahun, sehingga pinus wollemi adalah satu-satunya spesimen genus yang masih hidup.

Namun, spesies yang luar biasa ini berada dalam bahaya kepunahan yang kritis karena perubahan habitatnya dan penyakit yang disebabkan oleh spesies Protista.

8. Pokemeboy

PokemeboySpesies tanaman lain yang terancam punah adalah pokemeboy (Acacia anegadensis) yang berasal dari Kepulauan Virgin Britania Raya. Hal ini ditandai dengan menjadi pohon kecil, dianggap oleh beberapa ahli botani sebagai semak, dengan duri lebat dan bunga kuning.

Hari ini diklasifikasikan sebagai terancam punah terutama karena hilangnya dan fragmentasi habitatnya.

9. Cedar Amerika

Cedar AmerikaCedar Amerika (Cedrela odorata) adalah pohon besar yang ditemukan di Amerika Tengah dan Selatan. Kayunya berkualitas baik untuk pembuatan furniture dan pohon ini juga dikaitkan dengan ritual berbagai komunitas dan dengan khasiat obat.

Justru karena alasan ini, spesies ini telah dieksploitasi secara berlebihan dan saat ini dianggap rentan terhadap kepunahan .

10. Sabine (Konifer juniper)

SabineKonifer juniper, yang nama ilmiahnya Juniperus saxicola, hanya ditemukan dan secara eksklusif di pulau Kuba. Ini adalah pohon berukuran sedang yang berada dalam bahaya kritis kepunahan.

Kenyataannya, penyebarannya yang terbatas tidak membantu status konservasinya dan mengingat habitatnya yang rusak oleh perkembangan urbanisasi untuk pariwisata dan rekreasi, situasi konifer ini mengkhawatirkan.

11. Cedar Pulau Canary

Cedar Pulau Canary Melanjutkan genus Juniperus, cedar Pulau Canary (Juniperus cedrus) adalah spesies pohon lain yang terancam punah. Seperti yang ditunjukkan oleh nama umumnya, ia berasal dari Kepulauan Canary, Spanyol. Meskipun beberapa ahli botani menganggapnya sebagai semak, ia dapat tumbuh hingga sekitar 20 meter dan bahkan diyakini bahwa spesimen purba mencapai panjang 30 meter.

Statusnya saat ini dalam bahaya kepunahan karena telah dieksploitasi secara berlebihan karena karakteristik kayunya dan, di samping itu, habitatnya telah sangat dimodifikasi.

12. Pohon Peti Mati Cina

Taiwania cryptomerioidesPohon peti mati Cina (Taiwania cryptomerioides), adalah satu-satunya spesies dalam genus dan mendiami Cina barat daya. Fakta yang aneh adalah bahwa itu adalah pohon terbesar di Asia, dan panjangnya bisa mencapai 80 meter. Menakjubkan!.

Saat ini tergolong rentan terhadap kepunahan. Penyebab yang meningkatkan kerentanan mereka terkait dengan penebangan spesimen mereka dan modifikasi habitat mereka.

Ini hanya beberapa spesies pohon yang terancam punah, tentunya masih banyak lagi pohon yang hampir punah di dunia ini. Bantu lindungi mereka dengan tindakan yang ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

 

12 Pohon di Dunia yang Terancam Punah

About the Author: Blog Kalpataru

Ikut peduli terhadap kawasan lingkungan hidup

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.