10 Cara Untuk Mengurangi Penggunaan Plastik

Sampah plastik di lautan

Menghindari penggunaan plastik sangat penting untuk mengurangi polusi, menghormati lingkungan dan melawan perubahan iklim. Untuk itu, penting untuk mencari alternatif yang menggantikan penggunaannya.

Alternatif untuk menggunakan plastik sangat penting dalam konteks seperti saat ini, di mana krisis limbah dari elemen yang sangat berpolusi ini memiliki dampak yang sangat negatif terhadap lingkungan.

Menghindari plastik membantu mengurangi dampak perubahan iklim

Planet kita penuh dengan semua jenis plastik dan sampah plastik. Produksi bahan jenis ini dan dekomposisi selanjutnya ketika dibuang adalah dua proses yang mengeluarkan metana dan etilen, yang merupakan dua gas rumah kaca yang kuat, salah satu penyebab pemanasan global.

Apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi penggunaan plastik?

  1. Di restoran selalu minta gelas kaca.
  2. Gunakan termos dengan air dari rumah saat Anda pergi keluar dan hindari membeli botol plastik.
  3. Saat makan di luar, bawalah peralatan makan logam dan hindari yang sekali pakai.
  4. Hindari membeli mainan plastik dengan daya tahan rendah. Dan jangan pernah membuangnya, mereka selalu dapat didaur ulang, digunakan kembali, atau disumbangkan.
  5. Saat menggunakan barang sekali pakai yang dapat terurai secara hayati.
  6. Wadah kaca dapat disimpan dan digunakan untuk menyimpan makanan.
  7. Untuk berbelanja, gunakan tas kain daripada tas plastik.
  8. Daur ulang perangkat elektronik.
  9. Pembuatan kompos di rumah membantu mengurangi penggunaan kantong sampah.
  10. Selalu beli produk makanan dalam wadah kaca.

Tindakan lain untuk menghindari plastik

Salah satu alternatif terbaik untuk plastik adalah berhenti menggunakan kantong plastik.

Setiap tahun, sekitar 1 miliar kantong plastik digunakan di toko-toko dan hanya sekitar 5% yang didaur ulang. Sebagian besar berakhir di tempat pembuangan sampah. Sampah plastik di lautan dan mereka adalah salah satu sumber paling berpolusi di planet ini.

Jika Anda hanya membeli beberapa barang di toko, mintalah untuk tidak membeli tas. Selain itu, belilah tas kain yang kuat dan tahan lama untuk menyimpan barang belanjaan Anda.

Berhentilah membeli air kemasan dan gunakan botol yang dapat digunakan kembali.

Botol air plastik adalah bentuk plastik lain di mana-mana yang sebagian besar tidak perlu dan jarang didaur ulang – 80% akhirnya mencemari lingkungan.

Untuk makanan, gunakan wadah metal atau kaca.

Bungkus plastik adalah solusi termudah dan paling umum untuk menjaga makanan tetap segar, tetapi ini adalah bahan yang sangat sulit untuk didaur ulang. Mereka biasanya terbuat dari bahan yang sangat tajam yang sering dapat menyebabkan kecelakaan.

Menggunakan wadah makanan adalah cara yang lebih mudah, lebih aman, dan lebih murah untuk menggunakan alternatif selain plastik.

Hindari Sterofoam.

Karena tidak dapat didaur ulang dan butuh waktu lama untuk terurai di lingkungan. Kehadirannya di dalamnya sangat berumur panjang dan, oleh karena itu, tingkat kontaminasinya sangat tinggi.

Ganti sedotan plastik dengan bahan kertas atau bambu.

Dalam banyak kasus, kita dapat sepenuhnya menghilangkan minum dengan sedotan, tetapi ada kalanya kita membutuhkan alat ini, baik karena kebutuhan atau untuk bersenang-senang. Mulai tahun 2021 mereka akan dilarang di Uni Eropa dan mereka semakin berkurang, tetapi mereka masih ada.

Alternatif terbaik, mengesampingkan plastik biodegradable, yang masih plastik, adalah yang dibuat dengan kertas. Mereka terbuat dari kertas food grade tebal, yang membuatnya sangat aman dan membuat mereka kaku selama berjam-jam.

Beli makanan segar untuk menghindari wadah plastik.

Membeli sayuran dan makanan segar dalam jumlah besar bisa lebih murah daripada membeli barang dalam kemasan. Sejumlah besar makanan mengandung kelebihan plastik dalam kemasannya.

 

10 Cara Untuk Mengurangi Penggunaan Plastik

About the Author: Blog Kalpataru

Ikut peduli terhadap kawasan lingkungan hidup

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.