Mengapa Keanekaragaman Hayati itu Penting?

melindungi keanekaragaman hayati

Setiap kali kita menemukan situasi kritis dalam kekayaan keanekaragaman hayati planet kita. Terlepas dari inisiatif yang dilakukan, dan telah mencapai kemajuan besar di bidang ini, kenyataannya hingga saat ini masih banyak spesies yang terancam (baik hewan maupun tumbuhan), serta spesies lain yang jika terus berlanjut hingga saat ini. dinamika perusakan lingkungan alam, bisa segera masuk dalam daftar spesies terancam.

Salah satu masalah yang harus dihadapi adalah ketidaktahuan umum yang menyiratkan hilangnya keanekaragaman hayati dan konsekuensinya yang mengerikan bagi lingkungan dan bagi diri kita sendiri sebagai manusia. Jika Anda ingin mempelajari lebih dalam mengapa keanekaragaman hayati dan perawatannya penting, teruslah membaca artikel ini.

Pengertian keanekaragaman hayati

Dalam pengertian umum, keanekaragaman hayati adalah kekayaan biologis yang ada di planet kita karena keragaman spesies yang ada. Dengan kata lain, keanekaragaman hayati adalah luasnya materi genetik yang membentuk biosfer.

Dalam pengertian ini, keanekaragaman hayati mengacu pada “kualitas” kehidupan di planet kita . Untuk memahaminya dengan contoh sederhana, jika kita memikirkan hutan, kita mungkin akan menghadapi contoh keanekaragaman hayati yang besar, karena organisme yang membentuk ekosistem tersebut sangat banyak dan sangat beragam.

Namun, jika kita berpikir tentang perkebunan pohon yang akan ditujukan untuk industri kayu, kita mungkin juga akan berurusan dengan ekosistem dengan dimensi yang mirip dengan hutan biasa, tetapi dalam hal ini, jumlah spesies yang akan menghuni ekosistem ini akan sangat berkurang meskipun “jumlah” makhluk hidup mungkin serupa.

Dengan cara ini, berbicara tentang keanekaragaman hayati berarti berbicara tentang kualitas genetik dan biologis ekosistem, yang akan lebih baik jika semakin besar kekayaan genetik yang dikandungnya, karena mereka akan memiliki lebih banyak spesies.

Mengapa keanekaragaman hayati dan perawatannya penting?

Keanekaragaman hayati penting karena melibatkan serangkaian faktor intrinsik di dalamnya:

Kekayaan genetik

Keanekaragaman hayati atau biodiversitas menjamin keberadaan lebih banyak spesies dari sudut pandang genetik. Dengan kata lain, keanekaragaman hayati yang lebih besar menyiratkan lebih banyak varian genetik dalam suatu ekosistem, yang positif untuknya.

Saling ketergantungan spesies

Ekosistem alami berkembang selama jutaan tahun. Hal ini menyebabkan terciptanya hubungan saling ketergantungan antara spesies yang menyusunnya (misalnya, yang ada antara lebah dan tumbuhan dengan bunga dengan serbuk sari). Dengan cara ini, keanekaragaman hayati yang lebih besar memungkinkan hubungan saling ketergantungan atau ketergantungan timbal balik antara spesies menjadi lebih dan lebih baik, yang mengarah ke ekosistem yang lebih kuat dan lebih terhubung.

Keseimbangan ekosistem

Dengan cara yang sama, hubungan saling ketergantungan spesies ini memungkinkan adanya keseimbangan di dalam ekosistem. Keseimbangan ekosistem inilah yang memungkinkan semua spesies, dan ekosistem secara keseluruhan, untuk bertahan hidup dan berkembang secara positif bagi semua spesies yang selaras dalam ekosistem yang bersangkutan.

Kegunaan ilmiah

Selain aspek keseimbangan biologis yang terkandung dalam keanekaragaman hayati ekosistem yang lebih besar, manusia dapat mengambil manfaat dari keanekaragaman hayati. Keanekaragaman hayati menjamin kemungkinan yang lebih besar untuk memperoleh obat-obatan dan makanan, karena sebagian besar elemen ini berasal, pada tingkat yang lebih besar atau lebih kecil, dari spesies tanaman tertentu yang, dalam banyak kasus, bahkan belum dikatalogkan oleh ahli botani.

Kekayaan terbesar

Di sisi lain, meskipun juga dari sudut pandang manusia, ekosistem dengan keanekaragaman hayati yang lebih besar lebih indah daripada ekosistem yang miskin keanekaragaman spesies, baik hewan maupun tumbuhan. Dengan cara ini, itu adalah nilai tambah, kekayaan tak berwujud dan warisan alam yang harus dilestarikan. Bukan karena memiliki “penggunaan praktis”, tetapi karena memiliki nilai tersendiri.

Bagaimana cara melindungi keanekaragaman hayati?

Ada beberapa cara untuk melindungi keanekaragaman hayati planet kita:

Hindari tindakan yang mendorong kepunahan spesies

Bahkan saat ini ada tindakan tertentu yang secara langsung merugikan spesies yang paling terancam, seperti perburuan liar, penebangan hutan primer, konsumsi gading, konsumsi daging eksotis, dll.

Mempromosikan tindakan untuk melindungi spesies yang terancam punah

Dalam hal ini, salah satu pilihan terbaik adalah berkolaborasi dengan LSM yang secara aktif bekerja untuk melestarikan keanekaragaman hayati dari berbagai ekosistem planet kita. Temukan di artikel EcologíaVerde lainnya ini Peta keanekaragaman hayati dunia untuk melestarikan spesies yang terancam punah .

Mengurangi konsumsi dan polusi

Salah satu masalah utama yang mengancam kekayaan keanekaragaman hayati adalah karena konsumerisme dan polusi yang ditimbulkannya. Dengan mengurangi konsumsi kita, kita mengurangi polusi dan, akibatnya, dampak tindakan manusia terhadap berbagai ekosistem.

Konsumsi ke pasar lokal dan berkelanjutan

Dengan cara yang sama bahwa konsumerisme berbahaya, jika konsumsi kita diarahkan untuk hanya mengonsumsi apa yang diperlukan dan, terutama, mengonsumsi apa yang dapat mendukung penghormatan terhadap keanekaragaman hayati, kita akan melakukan pekerjaan yang baik. Contoh yang baik adalah memilih produk organik dan perdagangan yang adil, yang merupakan cara terbaik untuk memastikan bahwa konsumsi yang kita lakukan telah meminimalkan dampaknya terhadap lingkungan tempat produksi berlangsung.

Berbicara dengan Administrasi Publik

Badan publik adalah yang memiliki kapasitas terbesar dalam melindungi keanekaragaman hayati karena merekalah yang memiliki kapasitas untuk menentukan kawasan lindung, yang merupakan alat terbaik untuk menjamin keamanan keanekaragaman hayati, baik terestrial maupun perairan.

Kesadaran dan pendidikan

Salah satu faktor kuncinya adalah menciptakan kesadaran akan pentingnya keanekaragaman hayati . Sangat penting bahwa masyarakat dididik dalam menghormati alam sehingga perlindungan keanekaragaman hayati didahulukan dari keuntungan ekonomi. Dengan cara ini, masyarakat yang berkelanjutan dan berkelanjutan pada saat yang sama akan tercipta.

 

Mengapa Keanekaragaman Hayati itu Penting?

About the Author: Blog Kalpataru

Ikut peduli terhadap kawasan lingkungan hidup

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.