Cara Menyelamatkan Hewan yang Terancam Punah

Hewan yang Terancam Punah

Saat ini, sekitar 40% spesies hewan di planet ini terancam punah. Sebagian besar persentase ini disebabkan oleh konsekuensi tindakan manusia terhadap alam dan keanekaragaman hayati yang bergantung padanya.

Dengan berkembangnya kegiatan industri, tingkat CO2 yang dipancarkan ke atmosfer menghasilkan perubahan ekosistem yang sangat penting. Ini adalah masalah yang mempengaruhi semua makhluk hidup yang hidup di planet kita.

Hewan Terancam Punah

Penghancuran habitat, eksploitasi berlebihan sumber daya alam, peningkatan spesies invasif, pemanasan global yang menakutkan, kualitas air yang buruk atau pencemaran lingkungan adalah beberapa ancaman utama terhadap hewan yang tidak berdaya.

Ekosistem kehilangan keseimbangan, sehingga mengakibatkan ancaman kepunahan besar-besaran spesies, dan juga ancaman besar bagi keanekaragaman hayati. Semuanya tampaknya berdampak negatif pada hewan yang berada dalam bahaya kepunahan yang serius. Tapi di Kalpataru Blog akan memberi cara menyelamatkan hewan dalam bahaya punah.

Mengubah kebiasaan

Kita sebagai konsumen, dapat mengubah kebiasaan kita sehari-hari untuk menyelamatkan masa depan berbagai makhluk hidup yang menghuni planet ini, termasuk spesies manusia. Langkah-langkah untuk melindungi lingkungan tidak hanya di tangan pemerintah, tetapi juga di tangan kita masing-masing.

Kesadaran sangat penting untuk memahami masalah. Sebagai warga dunia, keanekaragaman hayati bisa tampak seperti sesuatu di luar kendali kita. Namun, udara yang kita hirup, air dan makanan yang kita makan setiap hari tidak akan mungkin terjadi tanpa keragaman dan kelimpahan spesies. Merawat keanekaragaman hayati memungkinkan spesies untuk bertahan hidup, tetapi juga penting untuk menjamin bahwa manusia memiliki masa depan di planet ini.

Tidak seorang pun tanpa bantuan lingkungan mereka dapat mengubah banyak hal. Mereka adalah jumlah dari upaya kecil dalam skala global yang dapat memiliki efek penting dalam memecahkan masalah yang ada di depan. Kita bisa memulainya dengan melakukan konsumsi produk secara rasional dan menanyakan asal-usul produk atau spesies yang akan dibeli secara berkelanjutan. Itu selalu lebih baik untuk makan produk segar, musiman, dan diproduksi secara lokal daripada makanan yang diangkut, dikemas, dan beku.

Perubahan iklim

Dalam menghadapi perubahan iklim, konsumen dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dengan bersepeda, berjalan kaki atau memilih menggunakan transportasi umum. Jika Anda membutuhkan mobil, Anda dapat membaginya dengan orang lain dan mengemudi dengan efisien.

Di rumah, tujuannya adalah untuk mengurangi konsumsi energi baik untuk menghemat uang maupun untuk melindungi lingkungan alam. Promosikan penggunaan sistem energi terbarukan , penggunaan bola lampu konsumsi rendah, jangan menyalahgunakan AC atau pengontrol suhu, beli peralatan dengan label efisiensi energi dan matikan sistem kelistrikan yang tidak digunakan.

Air

Air adalah sumber daya langka lainnya yang tidak cukup kita hargai, karena secara langsung mempengaruhi konservasi keanekaragaman hayati.

Konsumen harus menggunakannya secara bertanggung jawab : mandi menggunakan lebih sedikit air daripada mandi, meningkatkan penggunaan air hujan. Jangan menyirami halaman taman jika tidak diperlukan dan kurangi penggunaan herbisida dan pestisida. Jangan putus asa, Anda dapat membantu menyelamatkan hewan yang terancam punah, termasuk spesies manusia.

10 tindakan perlindungan dan pelestarian hewan

Banyak spesies yang terancam punah akibat campur tangan manusia terhadap lingkungan alam. Dari sinilah muncul kebutuhan untuk menjamin perlindungan hewan melalui tindakan nyata.

1. Larangan berburu binatang

Mungkin salah satu yang paling penting untuk melakukan pekerjaan perlindungan hewan. Karena perburuan telah membahayakan banyak spesies . Dengan bekerja untuk memberantas perburuan hewan, ancaman terhadap spesies darinya akan benar-benar dapat dihindari.

2. Hindari penggundulan hutan

Hutan melindungi keanekaragaman hayati yang hidup di dalamnya. Penebangan pohon menyebabkan kerusakan pada spesies hewan. Bahkan, banyak dari mereka tidak bertahan hidup. Lainnya, di sisi lain, harus bermigrasi ke lingkungan atau habitat dari mana mereka tidak alami.

3. Batasi kawasan lindung dan cagar alam

Dalam tugas mereka untuk perlindungan dan perawatan hewan, pemerintah harus bertindak untuk menandai daerah yang sangat rentan.

4. Menghindari pencemaran sumber daya alam

Alam adalah sumber yang paling penting dari sumber daya di dunia hewan. Dengan demikian, perlindungan lingkungan alam menjadi penting untuk menciptakan dunia yang lebih layak huni dan berkelanjutan.

5. Promosikan rencana penangkaran

Pemuliaan terkontrol adalah cara yang sangat efektif untuk membantu spesies tertentu. Dengan cara ini, setelah populasi yang wajar telah tercapai, spesies yang terancam punah dapat diperkenalkan kembali di daerah tempat ia hidup secara historis.

6. Berkontribusi pada pengurangan penebangan pohon dengan daur ulang

Daur ulang adalah cara yang sangat mudah untuk menjadi berkelanjutan. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk resmi untuk melakukan daur ulang yang benar.

7. Hormati kawasan lindung dan cagar alam

Pertama-tama, ikuti semua instruksi yang diberikan kepada Anda ketika Anda menghadiri perjalanan. Tetapi jika Anda pergi ke tempat yang tidak memiliki banyak papan petunjuk, bertindaklah dengan akal sehat, selalu berusaha untuk melindungi lingkungan dan hewan yang hidup di dalamnya.

8. Beli secara bertanggung jawab

Dari perspektif individu, perlindungan hewan dimulai dengan saat pembelian. Dengan tidak membeli produk yang terbuat dari hewan atau bagiannya yang terancam punah, Anda dapat menjadikan perdagangan satwa liar ilegal sebagai bisnis yang tidak menguntungkan.

9. Memulihkan ekosistem

Perusakan habitat merupakan ancaman utama bagi 85% dari semua spesies yang terancam punah dan terancam punah. Itu adalah data dari International Union for Conservation of Nature. Anda dapat membantu mengurangi bahaya ini dengan menanam pohon asli, memulihkan lahan basah, atau membersihkan pantai di daerah Anda.

10. Lakukan donasi

Saat Anda mengunjungi kebun binatang terakreditasi dan cagar alam setempat, bayarlah harga tiket masuk yang disarankan. Donasi Anda membantu menjaga kawasan konservasi yang vital ini.

Namun di luar tindakan ini, ada banyak orang yang memutuskan untuk melangkah lebih jauh dalam hal perawatan hewan. Karena mereka telah memahami bahwa hewan dan manusia tidak dapat hidup tanpa satu sama lain. Dan bahwa setiap kehilangan merupakan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki terhadap kehidupan, habitat, dan berbagai ekosistem di planet ini.

Untuk alasan ini, mereka telah memfokuskan hidup mereka untuk merawat hewan, dan telah memilih salah satu dari banyak pilihan pekerjaan yang ada saat ini . Ada banyak dan beragam, dan di semua binatang itu , pada akhirnya, penerima manfaat yang besar. Perbedaan besar antara banyak dari mereka hanya terletak di tempat di mana pekerjaan akan dilakukan: apakah di kota atau di lingkungan liar dan bebas .

Tapi ada satu hal yang membuat semuanya sama dan cinta itulah yang mereka nyatakan untuk alam . Karena berhubungan dengan spesies dan menjamin perawatan hewan adalah pilihan yang unik dan luar biasa, dan peluang yang jelas untuk berkontribusi pada konservasinya. Dan meskipun fakta bahwa planet (dan manusia) semakin membuat hal-hal yang lebih rumit untuk kelangsungan hidup banyak spesies hewan; Membantu melestarikan satwa liar adalah peluang vital yang tidak dapat diatasi, otentik dan serba cepat .

Selamatkan spesies liar yang terancam punah.

  • Lawan perburuan.
  • Hindari perdagangan hewan.
  • Menyelamatkan hewan yang telah diadopsi secara tidak bertanggung jawab
  • Secara fisik dan psikologis memulihkan hewan yang diselamatkan dari situasi pengabaian dan pelecehan.
  • Meningkatkan kesehatan hewan yang terluka yang tidak akan bertahan hidup di alam liar sendiri.
  • Tingkatkan kesadaran dan sebarkan cinta untuk semua spesies

Karena menghormati dan merawat hewan adalah sesuatu yang tidak boleh dilupakan oleh setiap orang yang menghuni planet ini. Filsuf Jerman, Arthur Schopenhauer mengatakan bahwa “Belas kasih untuk hewan terkait erat dengan kebaikan karakter dan dapat ditegaskan bahwa dia yang kejam terhadap hewan tidak bisa menjadi orang baik ” .

Perlindungan planet kita dan penghuninya adalah tugas semua orang. Kita harus memikirkan kembali kebiasaan kita dan bergerak menuju kebiasaan yang lebih berkelanjutan yang memungkinkan kita membangun masa depan yang lebih adil. Karena perubahan itu ada pada diri sendiri. Bertindak sekarang!

 

Menyelamatkan Hewan yang Terancam Punah

About the Author: Blog Kalpataru

Ikut peduli terhadap kawasan lingkungan hidup

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.